Posisi Memberikan ASI yang Tepat untuk Bayi tanpa Rewel

Berapa ML bayi minum ASI dalam sehari juga dipengaruhi dengan kenyamanannya saat disusui. Anda perlu mengatur posisi yang tepat saat memberikan ASI kepada bayi agar ia tidak rewel. Ini posisi yang dapat menjadi pilihan untuk memberikan ASI kepada bayi agar lebih banyak mengonsumsinya.

Posisi Memberikan ASI yang Tepat

1.    Gendong
Jika Anda menyusui bayi dengan posisi menggendong maka baringkan bayi menghadap ke Anda. Letakkan bagian lehernya di dekat payudara dengan posisi mulut yang mudah menggapai bagian puting. Gunakan tangan Anda untuk merangkul bayi dengan baik. Lebih nyaman lagi jika dialas dengan bantal agar bayi merasa empuk.

2.    Berbaring
Anda juga dapat menyusui bayi untuk memberikan ASI dengan posisi berbaring miring. Posisikan bayi menghadap Anda dengan menggunakan lengan. Dekatkan mulut bayi dengan bagian putting agar memudahkannya. Tahan tubuh bayi selama menyusui agar jumlah ASI yang masuk ke mulutnya lebih banyak tanpa ada yang tumpah.

3.    Memeluk
Berapa ML bayi minum ASI dipengaruhi dengan posisi menyusui yang Anda pilih. Salah satu posisi yang dapat menjadi pilihan adalah dengan memeluk bayi. Posisinya dengan cara memeluk bayi dengan dua tangan yang berlawanan arah.

Anda memeluknya dengan posisi duduk yang nyaman agar tidak merasa pegal. Jika perlu bersandarlah agar tidak merasa lelah. Bayi akan berada sangat dekat dengan Anda. Arahkan posisi kepalanya mendekati puting susu untuk bisa menghisap ASI yang dibutuhkannya. Posisi ini bisa dilakukan pada bayi saat Anda menyusuinya di rumah dengan leluasa.

4.    Telentang 
Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, Anda bisa memberikan ASI dengan posisi telentang. Posisi ini bisa Anda lakukan sambil beristirahat setelah bekerja. Caranya dengan berbaring telentang kemudian topang bagian punggung Anda dengan bantal.

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman letakkan bayi di atas tubuh dan arahkan ke bagian puting. Posisi ini juga membuat Anda bisa memeluk bayi dengan lebih nyaman dan tidak akan merasa pegal di bagian tubuh. Hanya saja posisi ini sulit dilakukan, jika bayi Anda sangat lasak.

5.    Koala
Koala merupakan posisi dengan bayi yang diletakkan di bagian pangkuan salah satu paha ketika Anda sedang duduk. Lalu bayi dihadapkan ke payudara. Topang bagian leher bayi dengan lembut ke arah puting susu. Pastikan bagian hidungnya tidak tertekan selama menyusui. Biarkan bayi menghisap dengan leluasa sampai merasa puas dan melepaskannya.

Anda bisa memilih posisi yang ingin dilakukan saat menyusui bayi. Dari semua posisi yang dicoba, bisa dilihat berapa ML bayi minum ASI di setiap posisi. Bandingkan dengan cermat. Setelah itu pilihlah posisi tersebut sebagai posisi yang eksklusif dan diusahakan setiap kali memberikan ASI. Pastikan juga kualitas ASI tetap terjaga dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Post a Comment

0 Comments